AHY Carilah Kebenaran Bukan Pembenaran!

Gonjang-ganjing Demokrat masih akan panjang. Satu hal yang diperlihatkan AHY dan SBY buruk adalah pencarian pembenaran. Padahal jauh lebih lebih tepat menemukan kebenaran.

Bnar, sepanjang di dunia , tidak akan ada kebenaran mutlak. Namun paling tidak mendekati kebenaran yang hakiki. Salah satu indikasinya adalah, ketika lebih banyak yang setuju dan penolakan yang ada cenderung negatif.

Penolakan negatif ini ditandai dengan kepentingan sendiri lebih kuat, adanya ketakutan, atau mungkin hutang budi. Kebebasan atas pilihannya lemah.

Ketika para pendiri dan daftar lengkapnya beredar, nama SBY memang tidak ada. Hal yang tidak bisa disangkal, karena ada dalam lembaran negara, pendirian partai politik. Selama ini toh AHY hanya mengatakan, dan klaim, kalau lagu mars, bendera, dan lambang itu inisiasi SBY. 

Hal yang bertolak belakang dikemukakan pihak yang berseberangan. SBY datang belakangan, usai verifikasi dan bisa ikut pemilu. Ada pengakuan terbaru, awalnya SBY ragu dan lebih percaya PKB.  Sama-sama kuat narasi dan opini yang berseliweran. Bagaimana kebenaran itu bisa ditemukan?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *