Anies Baswedan: Korupsi karena Kebutuhan Hidup.

Pernyataan model ini, jelas jadul. Ketinggalan zaman, atau penganut paham uang korupsi itu rezeki juga? Memilukan, memiliki tim eksKPK, tetapi paradigmanya ngaco, atau kalau tidak terlalu kasar bodoh.

Ahok pernah memiliki ide, gagasan, untuk memberikan gaji itu tinggi, agar orang tidak berpikir maling. Jauh lebih rasional, tepat, dan menjawab masalah. ketika gaji itu kecil, memegang uang dan ada kekuasaan yang berarti kesempatan, maling itu bisa dipahami.

Kebutuhan Hidup atau Gaya Hidup

Mungkin, jika itu era lalu, masa Orla dan Orba bisa diterima akal normal. Namun, jika kini hal itu sama sekali tidak bisa dipercaya. Mengapa?

Pertama, lihat saja lagak dan laku koruptor. Laki-laki biasanya koleksi jam mewah, salah satunya Setya Novanto, yang lain juga sama saja. Atau koleksi mobil mewah. Apakah orang-orang demikian itu perlu hidup? 

Laki-laki biasanya juga punya istri simpanan. Ketangkap sedang bersama perempuan muda yang bukan istrinya. Rumah atau tanah di mana-mana.

Perempuan, biasanya operasi plastik. Tas, baju, pakaian bermerk dan itu sangat-sangat mahal. Lihat Ratu Atut dan Artalita juga demikian perilakunya. Apakah itu kebutuhan hidup? 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *