Nasihat Bijak Ibas Yudhoyono

Ibas Yudhoyono dalam sebuah pernyataan politiknya mengatakan, pemerintah ini jangan sampai mangkrak merencanakan ibukota baru, karena pekerjaan kecil saja mangkrak. Mengapa menarik?

Kita tengok kebelakang dan juga bagaimana selama ini citra Demokrat, apalagi usai SBY turun tahta. Selalu saja mangkrak menjadi sematan paling utama bagi partai mercy itu. Dikit-dikit mangkrak menjadi sebuah litani setiap kali mereka melancarkan nyinyiran yang diklaim sebagai kritik.

Warganet terutama sudah hapal dan akan menautkan apapun yang mereka lakukan dengan Hambalang. Tidak ada yang mampu mengelak bahwa itu adalah hasil dari kerja kabinet era SBY. Berapa saja pihak yang masuk bui karenanya. 

Paling fenomenal jelas ketika Jokowi mengunjungi Hambalang, kala SBY sedang show of force dengan Tour de Java-nya. Seolah menang dan di atas angin, dengan jemawa SBY melontarkan banyak kepada pemerintah seharusnya ini dan itu. Langsung bungkam dan balik kanan, padahal Jokowi hanya diam memperhatikan Hambalang yang mangkrak.

Nah, Ibas Yudhoyono ternyata cukup berani menggunakan terminologi yang biasanya menyasar mereka. Ini hal baru dan jika pintar mengolahnya bisa menjadi kekuatan. Cap mangkrak bagi partainya bisa menjadi hal yang positif, membangun, dan ada makna baru di sana.

Masalahnya adalah, apakah mereka mampu dan bisa mengubah itu? Kelihatannya sih tidak cukup kemampuan itu. Lihat saja bagaimana selama ini mereka ide saja kacau, apalagi gagasan besar. Mengubah kelemahan menjadi kekuatan itu ide sekaligus gawe besar. Mereka tidak mampu.

Mereka pernah usul untuk menghentikan proyek infrastruktur. Hal ini terekam lho oleh media sosial dan juga ada di mana-mana. Bagaimana pertanggungjawaban atas nasihat Ibas ini dan usul mereka? Bagaimana sikap konsisten mereka dalam hal ini?

Jangan kemudian mau menyematkan bapak mangkrak itu kepada Jokowi. Itu susah banget, karena keberanian Jokowi itu eksekusi dan kerja. Beda dengan SBY yang peragu dan takut menciptakan permusuhan.

Hasil yang dicapai Jokowi dan jajaran itu termasuk menyelesaikan proyek mangkrak masa lalu. Apa bisa Demokrat menafikan ini? Jelas tidak akan bisa.  Menarik ditunggu apa yang akan dilakukan mereka berdua, kakak beradik yang lagi jadi pemain utama dagelan politik.

Salam Penuh Kasih

Susy Haryawan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *